Glitter Words

Minggu, 13 Desember 2009

SKL UN 2010 MAPEL FISIKA


STANDAR KOMPETENSI LULUSAN ( SKL ) UN 2010

MATA PELAJARAN FISIKA SMA/MA :


1. Memahami prinsip pengukuran dan melakukan pengukuran besaran fisika secara langsung maupun tidak langsung :

  • Membaca alat ukur panjang (jangka sorong)
  • Menentukan ketelitian hasil pengukuran sesuai dengan alat ukur yang digunakan.
  • Membedakan besaran skalar dengan besaran vektor.
  • Menjumlahkan/ mengurangkan besaran vektor dengan berbagai cara.

2. Menjelaskan gejala alam dan keberaturannya dalam cakupan mekanika benda titik, benda tegar, kekekalan energi, elastisitas, impuls, dan momentum :

  • Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus.
  • Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newton serta penerapannya.
  • Menentukan hubungan besaran-besaran fisis yang terkait dengan gaya gravitasi antar planet.
  • Menentukan letak titik berat dari berbagai benda homogen.
  • Menganalisis hubungan besaran-besaran yang terkait dengan gerak rotasi.
  • Menjelaskan hubungan usaha dengan perubahan energi.
  • Menjelaskan sifat elastisitas benda dan penerapannya.
  • Menentukan besaran yang berhubungan dengan hukum kekekalan energi mekanik.
  • Menentukan besaran fisis yang terkait dengan hukum kekekalan momentum.

3. Menjelaskan prinsip dan konsep konservasi kalor, sifat gas ideal, fluida dan perubahannya, menyangkut hukum Termodinamika beserta penerapannya dalam mesin kalor :

  • Menentukan proses perpindahan kalor dan azas Black.
  • Mendeskripsikan azas Bernoulli dalam fluida.
  • Menjelaskan variabel-variabel pada persamaan umum gas ideal.
  • Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi energi kinetik gas.
  • Menentukan berbagai besaran fisis dalam proses Termodinamika mesin kalor.

4. Menerapkan konsep dan prinsip optika dan gelombang :

  • Menentukan besaran dalam pengamatan melalui mikroskop atau teropong.
  • Menjelaskan berbagai jenis gelombang elektromagnetik dan manfaatnya.
  • Menentukan besaran dan sifat gelombang berjalan.
  • Menjelaskan gejala pada peristiwa interferensi dan difraksi cahaya serta menentukan besaran-besaran yang terkait dalam gejala itu.
  • Menentukan intensitas dan taraf intensitas beberapa sumber bunyi yang identik.
  • Menentukan besaran yang menimbulkan efek Doppler serta perubahan akibat efek tersebut.

5. Menjelaskan konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan :

  • Menentukan besaran yang terkait dengan hukum Coulomb dan medan listrik.
  • Menentukan faktor yang mempengaruhi kapasitas kapasitor keping sejajar.
  • Menentukan hasil pengukuran kuat arus dan tegangan listrik.
  • Menggunakan hukum Ohm dan hukum Kirchoff untuk menentukan berbagai besaran listrik dalam rangkaian tertutup (loop).
  • Menjelaskan munculnya gejala medan magnet, induksi magnetik di sekitar kawat berarus serta menentukan besaran-besaran yang mempengaruhinya.
  • Menjelaskan munculnya gaya Loretz sebagai gaya magnetik.
  • Menentukan kaitan besaran-besaran fisis dalam peristiwa Induksi Faraday.
  • Menentukan besaran fisis dalam rangkaian arus bolak-balik yang dikandung resistor, induktor, dan kapasitor.

6. Menjelaskan konsep dan prinsip relativitas, teori atom, dan radioaktivitas :

  • Membedakan teori-teori atom.
  • Menjelaskan teori kuantum Planck dan kaitannya dengan radiasi benda hitam.
  • Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi nuklir.
  • Menentukan zat-zat radioaktif serta mengidentifikasi manfaat radioisotop.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN ( SKL ) UN 2010

MATA PELAJARAN IPA FISIKA DAN BIOLOGI SMP/MTs :


1. Melakukan pengukuran dasar secara teliti menggunakan alat ukur yang sesuai :

  • Menentukan besaran fisika dan satuan yang sesuai.
  • Membaca alat ukur.

2. Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya :

  • Menentukan salah satu variabel dari rumus massa jenis.
  • Menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian.
  • Menentukan salah satu variabel dari rumus kalor (Q = m.c.T)

3. Menjelaskan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) :

  • Membedakan jenis gerak lurus.
  • Mengidentifikasi gerak lurus dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menentukan variabel dari rumus tekanan.
  • Menyebutkan perubahan energi dalam suatu alat sehari-hari.
  • Menentukan besaran fisika pada usaha dan energi.
  • Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana (pengungkit, tuas, bidang miring).

4. Memahami konsep-konsep dan penerapan getaran, gelombang, bunyi, dan optik :

  • Menentukan salah satu besaran fisika pada getaran dan gelombang.
  • Menjelaskan ciri dan sifat-sifat bunyi serta manfaatnya.
  • Menentukan besaran fisika jike benda berada di depan cermin atau lensa.
  • Menentukan besaran pada alat optik dan kegunaannya sehari-hari.

5. Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan :

  • Menjelaskan gejala listrik statis.
  • Menentukan jenis muatan listrik.
  • Menentukan besar energi dan daya listrik.
  • Menjelaskan cara pembuatan magnet.
  • Menentukan kutub-kutub magnet yang dihasilkan dari elektromagnetik.

6. Memahami sistem tata surya dan proses di dalamnya :

  • Menjelaskan karakteristik benda-benda langit dalam tata surya
  • Menjelaskan keterkaitan pasang naik dan pasang surut dengan posisi bulan.

7. Menjelaskan ciri-ciri dan keanekaragaman mahluk hidup, komponen ekosistem serta interaksi antar mahluk hidup dalam lingkungan, pentingnya pelestarian mahluk hidup dalam kehidupan :

  • Mendeskripsikan ciri-ciri mahluk hidup.
  • Mengidentifikasi ciri-ciri pada pengelompokan mahluk hidup.
  • Menjelaskan interaksi antar mahluk hidup dalam ekosistem.
  • Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
  • Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan mahluk hidup.
  • Memprediksi hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan lingkungan.

8. Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan/ organ-organ pada tumbuhan dan manusia :

  • Menentukan jenis tulang/ sendi/ otot pada alat gerak manusia beserta fungsinya.
  • Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.
  • Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah.
  • Menjelaskan proses sistem ekskresi (ginjal).
  • Menjelaskan sistem saraf pada manusia.
  • Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/ organ pada tumbuhan.
  • Menjelaskan respon tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
  • Menjelaskan proses fotosintesis dan percobaan-percobaan fotosintesis.

9. Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan

  • Menjelaskan konsep perilaku mahluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.
  • Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel.
  • Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat dan meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme beserta contohnya.
  • Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.

10. Menjelaskan bahan kimia alami dan buatan terdapat dalam bahan makanan dan pengaruhnya terhadap kesehatan.

  • Menentukan bahan kimia pada makanan yang ditambahkan pada makanan.
  • Mendeskripsikan pengaruh zat aditif/ psikotropika pada tubuh manusia.


Sumber asli :
Permen No. 75 tahun 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar